Puncak Panderman, Batu



Panderman adalah destinasi pendakian terfavorit di Malang Raya dan sekitarnya, Bukit Panderman terletak di Dusun Toyomerto, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Batu. Bukit ini terletak di tempat yang mudah terjangkau baik oleh angkutan umum maupun pribadi.
alur Transportasi umum ke Bukit Panderman sebagai berikut:
_ dari Terminal Arjosari (dari Surabaya, Banyuwangi, Blitar dll): naik angkutan kota (ANGKOT) yang berwarna biru, dengan kode Angkot AL, ADL, semua yang berakhiran L (Landungsari-terminal), setelah nyampek di Terminal Landungsari, naik bus kecil PUSPA INDAH jurusan jombang.., dan minta turun di panderman. dan setelah nyampek di gapura panderman kita menyusuri jalan, sampai menuju ke bukit Panderman
_sedangkan untuk kendaraan pribadi, bisa langsung ke Bukit Panderman, dan bisa langsung sampai di kaki bukit, dan di kaki bukit Panderman tersebut tersedia Rumah warga yang sudah di siapkan untuk penitipan kendaran baik mobil maupun motor.
setelah di kaki bukit kita menulis buku tamu dan membayar retribusi Rp 2000 (2009). dan dimulai pendakian.
Bukit Panderman terdapat 2 puncak pendakian, puncak pertama yaitu puncak Watu Gedhe (+ 1000 dpl), puncak ini masih separuh perjalanan, dan puncak terakir berada di Puncak Panderman (+2000 dpl).
Pemandangan yang disajikan sangat lezat di santap mata, apalagi ketika sunrise di Puncak Panderman, kita serasa berada di atas awan, berikut koleksi poto pribadi saya, selamat menikmati dan semoga bermanfaat:














Komentar